Tips Membuat Situs Belanja Online Terpercaya dan Aman

Tips Membuat Situs Belanja Online Terpercaya dan Aman

Tips membuat situs belanja online yang terpercaya – Online market place sudah menjadi kebutuhan utama dalam keseharian kita saat ini. Naiknya kesadaran orang akan pemasaran online membuat situs jual beli ini tidak pernah sepi. Apalagi dalam kondisi seperti masa pandemi saat ini, situs online adalah salah satu pilihan utama dalam penerapan “new normal”.

Saat ini memang sudah marak yang namanya bisnis online. Sehingga perlu pintar pintar memilih situs online yang terpercaya supaya kita tidak tertipu. Jika kita mau cari tahu lebih soal kasus penipuan, coba saja tengok forum diskusi atau group FB yanag membahas soal penipuan bisnis berbasis online.

Bukan hanya konsumen saja yang bisa tertipu dengan situs online yang tak bertanggung jawab. Penjual pun juga bisa tertipu dengan situs online penyedia barang dan jasa sebagai supplier. Modusnya pun beraneka ragam, ada yang terang terangan menawarkan harga yang tidak masuk akal hingga membuat situs atau website yang profesional sehingga terkesan itu aman.

Nah, jangan sampai jika kita punya situs online atau website jual beli online mencapat predikat buruk karean adanya kasus penipuan. Oleh sebab itu sebagai seller yang baik kita perlu juga paham bagaimana mencegah hal itu bisa terjadi.

Tujuaanya jelas, toko online atau situs online yang terpercaya pasti akan lebih mudah mendapatkan rating yang bagus yang secara langsung maupun tidak langsung akan berpengaruh pada transaksi produk atau jasa yang kita jual disana.

Untuk itu, taupasar.com kali ini akan berbagi tips penting kepada siapa saja yang ingin memulai bisnis online supaya mendapat kecepercayaan dari customer saat berbelanja di e-commerce atau market place. Berikut tips membuat situs  belanja online terpercaya dari taupasar.com:

Tips Memilih Situs Online yang Terpercaya



1. Medisplay Gambar Disertai Deskripsi Produk Secara Jelas

Salah satu hal yang perlu diketahui mengenai jenis situs online pembelanjaan terpercaya ialah situs yang menawarkan display gambar produk dengan barang sesuai. Namun, kita bisa membuat gambar realpict tersebut menjadi gambar menarik untuk menarik konsumen.

Dihalaman situs juga ada gambar yang menerangkan deskripsi barang yang dijual. Dimulai dengan ukuran, warna, dimensi dan harga.

2. Mencantumkan Alamat Jelas Pada Halaman Situs

Alamat yang jelas juga perlu dicantumkan di situs terpercaya. Dengan alamat yang jelas selain usahanya real, tapi juga bisa dipertanggung jawabkan jika sewaktu waktu ada kendala.

Kontak telephone dan juga alamat email perlu dicantumkan dalam situs terpercaya. Hal ini akan memudahkan konsumen dalam berkomunikasi kepada penjual. Konsumen juga lebih percaya dengan situs yang dicantumkan kontak yang dapat dihubungi.
Tujuan mencantumkan alamat juga bisa membangun kepercayaan konsumen pada situs tersebut.

3. Memakai Sistem Pembayaran Rekening Bersama

Umumnya situs belanja online dapat menampung banyak toko online. Kemudian system pembayarannya pun lebih aman karena menggunakan rekening bersama. Hal ini juga membuat konsumen lebih percaya untuk belanja disini. Transaksi yang dilakukan oleh konsumen juga lebih aman dan tidak aka nada penipuan didalamnya.

Bahkan system pembayaran yang bisa dilakukan dengan berbagai bank juga bisa dilakukan, sebab biasanya situs online tersebut bekerja sama dengan berbagai bank agar memudahkan konsumen dalam bertransaksi. Jaminan yang disediakan oleh situs tersebut juga ada sehingga jika barang tidak sampai, uang bisa dikembalikan.

4. Bekerjasama Dengan Berbagai Jasa Pengiriman Barang Terpercaya

Selain system pembayaran yang beragam, didalam situs jual beli online juga bekerja sama dengan berbagai jasa kiriman barang. Jadi, konsumen yang ingin barangnya dikirim oleh kurir yang dekat dari rumah, atau memilih yang ekspedisinya sangat murah, bisa dilakukan dengan gampang.

Hal inilah yang membuat konsumen semakin percaya dengan situs belanja online tersebut. Ada juga hal yang harus diperhatikan untuk memilih situs online terpercaya.

5. Mencantumkan Kondisi Dan Harga Produk dengan Jelas

Anda harus lihat deskripsi dengan baik supaya tidak terjadi kesalahpahaman. Misalnya saja, diketerangan dicantumkan jika gamis tanpa khimar dicantumkan harga 240 ribu. Jangan sampai anda tidak membaca keterangan dengan baik, dan menyangka jika harga yang dicantumkan tersebut harga satu set. Setelah barang nyampai, justru marah marah pada penjual karena yang dikirim hanya gamis saja tidak ada khimarnya.

Padahal sudah jelas ditulis pada keterangan jika harga tersebut adalah harga gamis saja tanpa khimar. Sama hal nya dengan produk lain. Baca dengan baik deskripsi yang diberikan. Bila perlu tanyakan langsung supaya lebih jelas.

Jangan sampai anda suka dengan harga murah, namun ketika barangnya sampai ternyata kualitasnya jelek. Penjual yang jujur akan berkata apa adanya, jika barang kurang bagus, tentu akan diberitahukan pada penjualnya.

Itulah pembahasan tentang tips memilih situs online yang terpercaya. Kita juga perlu memilih penjual yang amanah agar mengirimkan produk yang kita inginkan dengan jujur. Semoga bermanfaat.

Baca Juga
SHARE
LATEST Older

Related Posts

Subscribe to get free updates

Post a comment